Rabu, 25 Desember 2013

AYO MENULIS DI JURNAL INTERNATIONAL

Bagi kalangan mahasiswa, dosen, dan kalangan pendidik, membuat karya ilmiah adalah bagian dari hidup hidup sehari-hari, suka atau tidak, dan mau atau tidak mau, tugas kuliah dan karya ilmiah akan berkaitan dengan sesuatu ilmiah. Namun demikian, sepertinya semua kegiatan membaca dan menulis hal ilmiah yang dilakukan masih termasuk dalam level rendah (dalam hal kuantitas).
Tulisan yang dibuat dengan mengerahkan seluruh jiwa dan raga itu tidak akan bermanfaat jika tidak ada yang tahu atau tidak dipublikasikan. Sama hal-nya dengan skripsi atau tesis yang hanya menumpuk di rak-rak perpustakaan. Selain itu, jumlah publikasi (khususnya publikasi internasional) suatu negara juga menunjukkan daya saing negara tersebut dalam bidang riset dan pendidikan. Dengan kata lain, publikasi itu amat penting.
Kondisi publikasi Indonesia yang ternyata cukup miris dan memilukan. menurut data Scopus, hingga saat ini baru ada 8 jurnal indonesia masuk database internasional, jumlah yang sedikit jika dibandingkan dengan Singapura (105 jurnal) atau Malaysia (51 jurnal). Karena jumlah jurnal yang masuk database-nya sedikit, tidak heran kalau jumlah publikasi internasionalnya juga sedikit.
Terdapat kendala yang juga menyebabkan sulitnya artikel ilmiah Indonesia diterima oleh jurnal internasional. Kendala pertama adalah masalah teknis, mulai dari artikel yang dianggap tidak mengikuti petunjuk penulisan, plagiarisme, artikel yang dinilai kurang lengkap, hingga bahasa Inggris yang kurang baik.
Kendala berikutnya yaitu artikel yang dikirim tidak sesuai dengan “aims dan scope” dari jurnal yang dituju, prosedur dan analisa data yang bermasalah (misalnya tidak ada perlakuan kontrol, prosedur tidak sesuai standar atau statistik yang tidak valid).
Lalu kendala terakhir terkait permasalahan di alur paper seperti argumen yang tidak logis atau valid. Ada masalah, ada penyelesaian. Ada kendala pasti ada solusinya juga.
Berikut adalah kiat-kiat sukses tembus jurnal internasional a la Dr Anuraga. Keberhasilan menembus garis finish publikasi ditentukan oleh kematangan persiapan. Untuk itu, langkah awal sukses publikasi adalah dengan menciptakan atmosfer kondusif untuk penelitian, karena penelitian yang baik akan berkorelasi positif dengan kualitas riset yang dilakukan. Bagaimana mencapai kualitas penelitian yang baik? pertama, tekankan bahwa penelitian yang dilakukan penting, menarik, serta memiliki nilai kebaruan.
Jangan lupa gunakan data yang mencukupi standar publikasi internasional (kualitas dan kuantitas) serta prosedur atau metode atau rancangan percobaan yang valid. Selanjutnya yaitu tahap penulisan yang sangat krusial, kenapa? karena kualitas tulisan mencerminkan kualitas keilmiahan penelitian yang dilakukan. Untuk itu, hindari kesalahan-kesalahan “sederhana namun sering dilakukan”, seperti kesalahan format, penggunaan bahasa Inggris yang kurang baik, serta yang terpenting, hindari PLAGIARISME.
Setelah penulisan selesai, dilanjutkan dengan rencana publikasi. Pilih jurnal internasional yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan dan bukan jurnal abal-abal seperti “jurnal inul”. Pilih juga jurnal dengan impact factor atau setidaknya terindeks Scopus. Impact factor merupakan mekanisme penghitungan jumlah rata-rata sebuah artikel di suatu jurnal dicite di artikel lainnya. Jadi, makin tinggi nilai impact factor, makin tinggi pula kualitas jurnal. Langkah terakhir adalah submit paper yang juga menjadi pintu masuk dari proses review panjang dan berliku.
Pada proses ini, editor dan reviewer adalah pemegang kekuasaan tertinggi atas masa depan publikasi artikel kita sehingga komentar apapun yang diberikan editor atau reviewer harus direspon se-POSITIF mungkin. Komentar sebaiknya dijawab secara sistematis, dan jika tidak setuju dengan masukan reviewer, balas masukan tersebut dengan argumen yang kuat dan tidak ofensif. Ini semua demi kebaikan sendiri loh. Practice makes perfect. Ala bisa karena biasa. Banyak berlatih menulis dan membaca paper sesuai standar jurnal internasional sedikit banyak akan memberikan pengaruh positif bagi masa depan publikasi yang akan dilakukan. So, semangat semua, ayo kita tembus jurnal internasional.
Guna mendukung peningkatan publikasi hasil-hasil penelitian melalui skala Internasional, kami mempublikasikan link Panduan bagi Penulis dari beberapa Jurnal Internasional. Berikut daftar tersebut:

No 
Nama Jurnal 
Editor
Alamat 
Guide for Authors
1
International Journal of Economics
Constantinos Alexiou
Aristotle University, Greece 
2
Journal of International Economic Law
John H. Jackson 
Georgetown University, New jersey, Washington DC
3
International Journal of Economic Theory 
Kazuo Nishimura, Makoto Yano
Kyoto University 
4
International Journal of Ecological Economics and Statistics (IJEES)
Kaushal K Srivastava
centre for Environment, Social and Economic Research, India
5
Journal of Macroeconomics
Douglas McMillin 
Department of economic, Lousiana State University
6
The BE (Barkeley Electronic) Journal of Macroeconomic
Marco Bassetto 
Federal Reserve Bank, Chicago 
7
International Journal of Economics and Finance 
Cindy Xu 
Canadian Center of Science and Education
8
International Journal of Production Economics 
R.W. Grubbstrom 
Linkoping Institute of Technology, Sweden
9
Journal of International Criminal Justice
Antonio Cassese
Florence, Italy
10
International Journal if Law, Crime and Justice
J.Carrier 
London School of Economics and Political Science
11
International Journal of Cybercriminology 
K. Jaishankar 
Manonmaniam Sundaranar University
12
International Journal of Law in Context 
Michael Freeman 
University College London, UK  
13
International Journal of Law and Psychiatry 
David N Weisstub 
Faculté de Médecine, Université de Montréal, Canada
14
International Journal of Law and Management 
Professor Geraint Howells
Williamson Building, Oxford Road, Manchester, M13 9PL, UK
15
International Jurnal of Communication Law and Policy 
Simone Bonetti
Milan, Italy 
16
International Journal of law, Policy, and the Family 
John Eekelar 
Pembroke College, Oxford, UK 
17
International Journal of Psychology and Psychological Therapy 
Jesús Gil Roales-Nieto
Universidad de Almería, España 
18
European Journal of cognitive Psychology 
Andre Vandierendonck
University of Ghent, Belgium
19
International Journal of Sport Psychology 
Keith Davids
University of Technology, Brisbane, Australia
20
International Journal of Clinical and Health Psychology 
Juan Carlos Sierra.
Facultad de Psicología. Universidad de Granada.
21
International Journal of Forensic Psychology 
Dr. Peter Golus
Faculty of Health and Behavioral Science, University of Wollongong 

22
American Psychologist: The Official Journal of American Psychological Association 
Norman B. Anderson

23
British Journal of Psychology 
Peter Mitchell 
Nottingham University, Malaysia Campus, Malaysia
24
Journal of Applied Psychology
Steve W. J. Kozlowski, PhD

25
Biomedical Journals : International Committee of Medical Journal Editors
Christine Laine, MD, MPH
ICMJE Secretariat office, American College of Physicians, 190 N. Independence Mall West, Philadelphia, PA 19106-1572, USA
26
Textile Research Journal
Dong  Zhang

Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak atas masukan dan tambahan informasinya. Kami senantiasa berharap kerjasama dari pembaca berupa informasi tentang Link Panduan Jurnal Internasional yang mungkin belum terdaftar dalam list kami, Semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar